Senin, 31 Oktober 2011

Soft Drink sebabkan Remaja Agresif

Soft drink memang diketahui tak baik bagi kesehatan, karena memiliki tingkat keasaman yang tinggi, dan dapat merusak gigi, tulang, dan lambung.

Tidak hanya itu, hasil penelitian dari Australia menunjukkan, remaja yang rutin mongkonsumsi softdrink kurang lebih 5 kaleng tiap seminggu, cenderung agresif. Ini dilakukan terhadap 1.878 murid SMA berusia 14 hingga 18 tahun dari 22 sekolah di Boston, Massachusetts.

Para peneliti melihat hubungan perilaku kekerasan dalam kelompok responden dengan kecenderungan meminum minuman berkabonasi. Menurutnya, mungkin ada efek langsung karena kandungan gula atau kafein dalam softdrink, walaupun belum dapat dipastikan.

Hasilnya, mereka yang minum 5 kaleng soft drink atau lebih setiap minggu secara rutin, lebih mungkin melakukan hal-hal seperti mabuk dan merokok, bahkan membawa senjata dan menunjukkan kekerasan kepada keluarga, teman, atau pasangan, setidaknya sekali dalam 1 bulan.

Penelitian tersebut juga menjelaskan bahwa, dengan adanya peningkatan dalam mengkonsumsi minuman bersoda, perilaku kekerasan juga semakin meningkat.

Walau dampak mengkonsumsi softdrink terkait membawa senjata belum sekuat pengaruh tembakau dan alkohol, namun dalam masalah kekerasan sama besarnya.


sumber : langitberita.com

Tidak ada komentar: